PANDUAN LENGKAP SEO ON PAGE

PANDUAN LENGKAP SEO ON PAGE | Dalam Proses pengerjaan SEO , SEO ON PAGE adalah salah satu senjata utama kita untuk memaksimalkan konten agar ranking website atau blog kita bisa muncul di halaman 1 Google . TIPS SEO ON PAGE merupakan tehnik dalam mengoptimalkan sebuah website pada mesin pencari , begitu juga dengan SEO OFF PAGE . Namun, pada kali ini saya akan terlebih dahulu mengulas secara TUNTAS tentang Optimasi SEO yang dimulai dari SEO ON PAGE (Website itu sendiri) untuk mengoptimalkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan Search Engine Optimization . Dengan tujuan agar sebuah Website atau Blog bisa mendapatkan posisi yang baik yaitu pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) pada Search Engine seperti Google , Yahoo , Bing , Dll .


PANDUAN LENGKAP SEO ON PAGE
Langkah awal yang harus menjadi pertimbangan adalah meneliti setiap bagian (internal) sebuah website dan berusahalah untuk menjaga serta mengatur agar ada keseimbangan antara SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE . Pada postingan ini saya tidak hanya membahas tentang PANDUAN LENGKAP SEO ON PAGE itu sendiri , namun coba untuk mengingat pada sobat Ic Creem jangan terburu dalam melakukan optimasi keluar (Off Page) sebelu membangun Website atau Blog dari bagian atau sisi internal terlebih dahulu pada website itu sendiri , karena hal tersebut bisa menjadi kurang maksimal bahkan membutuhkan atau membuang - buang waktu untuk mempromosikan saja .

Agar kita mendapatkan SEO ON PAGE yang sempurna , keyword atau kata kunci akan menjadi bekal UTAMA kita untuk mengandalkan sebuah artikel atau konten yang akan kita buat . Jadi , pilihlah keyword dan judul yang tepat untuk anda , namn yang benar - benar anda kuasai . Salah satu SEO ON PAGE sempurna adalah memilih judul atau keyword yang spesifik . Misal kita ingin menggunakan keyword "SEO ON PAGE" , nah lengkapi lah keyword keyword tersebut dengan kata - kata tambahan yang lain atau yang banyak dicari orang kebanyakan misalnya "PANDUAN LENGKAP SEO ON PAGE" .

TIPS SEO ON PAGE SEMPURNA , PADAT , DAN MAKSIMAL

Saya sudah mempelajari tentang masalah SEO dan saya juga sudah memiliki referensi bagaimana memaksimalkan SEO ON PAGE , Blog , Sosial Media , Master SEO-nya langsung , dan sedikit dari buku serta dari sebuah Plugin !!
Apa saja SEO ON PAGE SEMPURNA yang bisa memaksimalkan konten dan disukai oleh GOOGLE ?? Ada beberapa poin penting yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Pemilihan Theme (Template)

Pada bagian ini kita dituntut untuk mengenal lebih dalam karakter sebuah template . Jangan memilih sebuah template hanya berdasarkan tampilan (layout) yang menarik . Namun , tidak atau kurang bersahabat dengan mesin pencari alias tidak Responsive .

2. Pengaturan Meta Tag Heading

Sebaiknya setiap Website atau Blog baik itu pada Home , Single Post dan Page hanya ada satu Tag H1 (Heading 1) selanjutnya baru pada sub title kita gunakan Tag H2 (Heading 2) dan begitu juga seterusnya hingga ke Tag H yang paling kecil , Karena hal ini adalah sangat mendasar untuk SEO ON PAGE blog anda . Mambuat Meta tag yang bagus akan menghasilkan reputasi blog anda dalam mesin pencari , Struktur meta tag sangat penting untuk proses crawling mesin pencari .

3. Konten atau Isi 

Istilah " Content Is King " tentunya bukan hal yang asing lagi buat sobat Ic Creem semua kan , hal ini selalu digadang - gadang oleh pakar atau Master SEO diseluruh dunia . Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah konten yang seperti apa yang bisa disebut masuk dalam kategori Berkualitas (RAJA) ?? Ya konten Unik (Berbeda dengan yang lain) dan bukan Copy Paste itulah yang sering dibilang penilaian yang berkualitas , namun tentunya tidak hanya sekedar unik (asli) masih ada beberapa faktor lagi yang akan membuat konten tersebut menjadi berkualitas (Raja) . Karena Konten yang berkualitas akan menarik perhatian para pengguna untuk mencari  informasi yang terbaik , dan juga konten yang baik itu konten yang fresh , bukannya duplikat konten , dengan menggunakan keyword yang berkaitan (Relevan) Untuk permasalahan ini akan saya bahas pada lain kesempatan . 

4. Internal Linking 

Internal Linking yaitu untuk memudahkan proses crawling menelusuri isi blog . Dalam membuat internal linking ini anda bisa membuat dengan kata yang tepat dan link URL yang sama persis , misalnya anda ingin membuat link ke judul blog dengan judul SEO Blogging , pastikan judul URL blog anda ada kemiripan dengan kata itu . Kalau anda melenceng dari internal linking yang tidak pas , dapat dipastikan blog anda akan terkena Pinaltiy Google .

5. Menu Utama atau Menu Navigasi

Pada menu ini biasanya kita akan membuat beberapa informasi utama seperti Halaman Kontak , Tentang admin atau Blog , dan satu lagi yang tidak kalah pentingnya (Wajib) Sitemap , Daftar isi atau Peta Situs . Setelah itu baru ditambahkan dengan menu untuk kategori dan yang lainnya . Dengan kelengkapan pada menu tersebut maka akan sangat membantu penunjung atau Visitor dalam menemukan informasi yang sedang dicari . Dan satu lagi , dengan sistem navigasi yang baik akan membuka peluang sebuah website akan ditampilkan dengan Sitelink pada SERP khususnya Google .

6. Konten Berisikan Outbound Links 

Maksudnya adalah didalam artikel anda harus berisikan link pancingan seperti google.com , wikipedia.org dan yang lainnya selain link yang menuju dalam blog anda sendiri (Internal Link) . Contohnya seperti artikel PANDUAN LENGKAP SEO ON PAGE ini berisikan link yang menuju ke Google.com , flickr.com , dll . Tapi ingat , kalau bisa anda isikan outbound link ke web yang mempunyai kredibilitas yang cukup tinggi .

7. Pemilihan Keyword (Kata Kunci)

Dalam melakukan pemilihan kata kunci atau  keywords tentunya akan kita sesuaikan dengan topik serta judul artikel , karena secara umum kata kunci utama yang kita bidik akan selalu dijadikan judul artikel dengan sedikit penambahan kata untuk menambah peluang penangkap pengunjung yang menggunakan mesin pencari untuk menemukan sebuah informasi . Sebaiknya hindari kata kunci tunggal , karena hampir pada semua keywords tunggal selalu akan memberatkan pemilik blog karena banyak sekali pesaingnya .

8. Jangan Menggunakan Keyword Yang Sama Pada Artikel Yang Berbeda 

Jika kamu ingin membuat artikel yang berbeda dengan topik yang sama , usahakan untuk memberikan keyword yang berbeda . Nah , inilah keuntungan kita menggunakan keyword yang spesifik .
Beberapa poin yang sebaiknya menjadi perhatian saat melakukan OPTIMASI SEO ON PAGE yang telah saya uraikan diatas tentunya masih belum lengkap , namun menurut saya itu adalah poin - poin penting yang harus pertama kali anda lakukan . Untuk poin - poin selanjutnya yang masih ada bisa kita lakukan dalam mengoptimalkan sisi SEO khususnya bagian ON PAGE . 

Sebelum saya tutup artikel ini , saya beri sedikit kutipan untuk anda :
Tulis Seperti Anda Mengajarkan Materi Tersebut Kepada Orang Lain , Lalu Sederhanakanlah - Feyman Technique (Peraih Penghargaan Nobel)

source http://www.ibnu-nova.com/

0 Response to "PANDUAN LENGKAP SEO ON PAGE"

Post a Comment

Silahkan Komentarmu Tentang Artikel ini :)